Jumat, 17 Oktober 2008

G30S

"Peristiwa ini sampai sekarang masih diliputi banyak misteri. Banyak pertanyaan yang tertinggal, misalnya dugaan bahwa pemberontakan ini mungkin sengaja diciptakan Soeharto untuk merebut kekuasaan dari Soekarno. Juga, ada teori bahwa Soekarno yang melancarkan pembunuhan karena ingin agar kekuasaannya dapat terus berlangsung dan tidak diancam oleh para jenderal angkatan darat.Tetapi,ada juga teori yang mengatakan bahwa CIA berusaha menggulingkan PKI dan Sukarno karena dianggap memihak komunis.CIA di bantu oleh Soeharto yang memiliki sejumlah "dendam" pada pemerintahan Sukarno membuat G-30-S,menuding PKI sebagai dalang,dan menumpasnya.

Semua asumsi tersebut kemungkinan muncul karena dihembuskan oleh orang-orang eks PKI, hal ini dimungkinkan karena PKI dikenal memiliki kemampuan untuk memutarbalikan fakta."

Mungkin PKI
Bisa saja yg melakukan adalah PKI karena banyak aggota PKI yg masih hidup sampai sekarang.Ada tesis yg mengatakan "Suatu partai komunis akan mengambil kekuasaan suatu pemerintahan".Tapi kenapa PKI dalam 1-2 hari bisa langsung diberantas oleh Soeharto?Dan mengapa tidak ada perlawanan yg berarti dari anggota PKI yg kala itu berjumlah jutaan orang?Mungkinkah PKI?

Mungkin Soekarno
Bisa saja yg mendalangi adalah Soekarno karena Soekarno kala itu berada ditengah tiga pilar NASAKOM (Nasional Agama Komunis) merasa terdesak dengan peristiwa-peristiwa ketidak-akuran kaum Komunis dengan kaum Nasionalis dan Agama.Soekarno tidak ingin menghancurkan secara langsung kaum Komunis yg tidak lain adalah pengikut setia Soekarno.Maka untuk menghancurkan pengikutnya itu Soekarno melakukan peristiwa tersebut.Tapi kenapa Soekarno melakukan hal tersebut jika akan melengserkan kekuasaanya sendiri?

Mungkin Soeharto
Tidak banyak yg saya utarakan hanya kenapa seorang Letkol bisa melakukan hal yg krusial seperti itu.

Mungkin CIA
Perang dingin (Cold War) bisa saja menjadi dalang dibalik semua ini.Indonesia yg kala itu kelihatan berhaluan komunis bisa saja ditakuti oleh Amerika.Dengan kenangan pahit melawan Vietnam,mungkin Amerika sadar kalau ras indocina hanya bisa ditaklukkan dari dalam.

Mungkin Semua Pihak 
Mungkin saja jika suatu pemindahan kekuasaan secara paksa (kudeta) yg dilakukan satu atau beberapa pihak ditunggangi oleh pihak lain, dan hal ini bisa menyebabkan kerumitan suatu alur peristiwa seperti G30S karena banyak saksi sejarah dari beberapa pihak yg mengatakan hal yg berbeda-beda.
Semua pernyataan diatas menghasilkan suatu pemikiran yg berputar-putar.Membuat hal yg dulu kelihatan biasa saja, menjadi kabur dan aneh.Kenapa hal yg kabur seperti itu dijadikan suatu bab wajib untuk dipelajari di sekolah?Apakah memang hal ini disengaja supaya kita bangsa Indonesia yg notabene merupakan pihak yg dirugikan tidak bisa mencari jalan kebenaran.Atau memang untuk menutupi keburaman tersebut diajarkanlah suatu cerita sehigga kita tidak bertanya-tanya.
Tapi apalah artinya suatu hal yg tidak berpengaruh langsung kepada kita.Apalah arti sejarah bagi kita generasi muda yg tidak hidup dan menjalani peristiwa tersebut.Dan apakah bangsa kita siap untuk menerima kejujuran yg pahit.Generasi muda harus menerima kejujuran yg pahit tetapi membawa kenangan yg manis ketimbang kebohongan yg manis tapi memberikan kenangan pahit.
Jaya terus Indonesia !

Tidak ada komentar: